Tentang Penulis


Rahmad Nuthihar dilahirkan di Suak Timah pada 13 Desember 1991. Menyelesaikan pendidikan S-1 dan S-2 pada Universitas Syiah Kuala dengan konsentrasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Sejak 2019 diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan mengampu mata kuliah bahasa Indonesia. 
Menjadi dosen luar biasa pada Universitas Teuku Umar untuk mengampu mata kuliah bahasa Indonesia. Pada Universitas Abulyatama  dipercayakan mengampu mata kuliah pragmatik, jurnalistik, ejaan bahasa Indonesia, dan problematika bahasa Indonesia. Sejak 2019 aktif menjadi tutor tutorial online pada Universitas Terbuka. 

Selama menjadi dosen, aktif melaksanakan penelitian yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek. Adapun judul penelitian yang didanai oleh  Kemdikbudristek adalah (1) Metafora dalam Bahasa Aceh pada Media Sosial Instagram: Potensi dan Ancaman Ujaran Kebencian di Ruang Publik (2021) dengan skema Penelitian Dosen Pemula; (2) Manajemen Kemitraan Perguruan Tinggi Negeri Vokasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri untuk Meningkatkan Keterserapan Lulusan dalam Dunia Kerja di Kabupaten Aceh Barat (2022) dengan skema Penelitian Dosen Pemula; (3) Desain Buku Anak Berlatar Budaya (Culturally-Relevant): Rekonstruksi Kisah Pahlawan Nasional Aceh Sebagai Media Infiltrasi Pesan Perdamaian dan Literasi (2022—2023) dengan skema Penelitian Dasar Kompetitif Naisonal. 

Artikel yang dihasilkan telah terindeks pada database internasional berupa Scopus dan Sinta. Judul artikel yang terindeks Scopus adalah The implicatures on Outdoor Media Related to the Covid-19 Appeal, Journal Language, Discourse and Society (2022). Sementara artikel pada jurnal nasional terakreditasi (Sinta 2) adalah (1) Character Education in an Acehnese Cultural Saga: Hikayat Prang Sabi, Lingua Cultura Vol. 14 No. 2 (2020); (2) Vocational Students' Perception of Online Learning during the Covid-19 Pandemic, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 27, No 1 (2021; (3) The Metaphor of Aceh Language on Instagram Social Media: Potential and Threats of Hate Speech in the Public Space, RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 15, No 1 (2022). 

Rahmad Nuthihar telah menghasilkan beberapa buku di antaranya (1) Aneka Kuliner Aceh, Kemdikbud (2017); (2) Janji Baiturrahman, Balai Bahasa Aceh (2017); dan (3)Buku Ajar Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi Vokasi, Bandar Publishing (2022). 

Share:

0 komentar:

Post a Comment